• Revisi Kurikulum 2013 Tahun 2016

    Revisi Kurikulum 2013 Tahun 2016

    Dokumen penting SMK. Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar KI-KD Kurikulum 2013 SMK Revisi 2017 sudah resmi dirilis sedangkan contoh Silabus dan RPP Kurikulum 2013 SMK hingga 24 Juli 2017 masih dikembangkan (?). Ketersediaan dokumen Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar KI-KD, Silabus dan RPP Kurikulum 2013 SMK wajib dan sangat mendesak mengingat tahun pelajaran baru sebentar lagi akan berjalan. Kompetensi Inti Kompetensi Dasar KI KD Silabus dan RPP SMK Terbaru Revisi 2017 kompetensi inti kompetensi dasar KI KD smk 2017 berdasarkan Keputusan Dirjen Dikdasmen NOMOR: 130/D/KEP/KR/2017 Tentang STRUKTUR KURIKULUM PENDIDIKAN MENENGAH KEJURUAN akan segera ditetapkan menyusul keputusan tersebut.

    • May 17, 2017 - IPA Kelas VII-2 SMP/MTs, Kurikulum 2013 Revisi 2016. VII semester 2 ini disusun berdasarka Kurikulum 2013 yang telah direvisi tahun 2016.
    • Revisi kurikulum 2013 tahun 2016 - berikut ini adalah file sobat guru tentang Download Gratis Buku Pegangan Guru dan Siswa Kelas X & XI Revisi 2014 Tingkat SMA yang bisa bapak/ibu gunakan sebaagi referensi atau contoh file dengan mendownloadnya secara gratis di website kami.

    RPP SMA k13 Edisi Revisi Tahun Ajaran 2017/2018 ini dapat anda download. RPP Bahasa Inggris Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Semester 1 dan 2.

    Karena itulah hingga posting ini ditulis begitu banyak pembaca blog yang telah menantikan dokumen-dokumen Kompetensi Dasar, Silabus dan RPP Kurikulum 2013 SMK Terbaru Revisi 2017. Contoh menyusun silabus dan rpp smk k2013 revisi 2017 ( KLIK di GBR di atas) menurut Permendikbud No. 24 Tahun 2016 yang dibedakan dalam 4 (empat) jenis kompetensi inti, sesungguhnya adalah kompetensi generik untuk menekankan pentingnya keseimbangan fungsi sebagai manusia Indonesia seutuhnya. Kompetensi Inti (KI) pada Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Kejuruan SMK merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan yang harus dimiliki seorang peserta didik sekolah menengah kejuruan SMK pada setiap tingkat kelas. Kompetensi Inti (KI) sebagaimana dimaksud di atas terdiri atas: a.

    Kompetensi Inti (KI) sikap spiritual; b. Kompetensi Inti (KI) sikap sosial; c. Kompetensi Inti (KI) pengetahuan; dan d. Kompetensi Inti (KI) keterampilan. Kompetensi Inti (KI) selanjutnya digunakan sebagai acuan dalam mengembangkan Kompetensi Dasar dan ruang lingkup materi yang bersifat spesifik untuk setiap mata pelajaran. Selain untuk pengembangan Kompetensi Dasar (KD) Kompetensi Inti juga merupakan rujukan pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran RPP.

    Kompetensi Inti (KI) Kurikulum 2013 SMK telah diperbaiki pada 7 Juni 2016 dengan penerbitan Permendikbud No. 24 tahun 2016. Perbaikan kompetensi inti ini terbit mempertimbangkan bahwa berdasarkan perkembangan dan kebutuhan pendidikan saat ini diperlukan perbaikan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar yang mengakomodasikan prinsip-prinsip untuk memperkuat proses pembelajaran. Kurikulum 2013 yang telah diperbaiki ini seperti tercantum dalam Lampiran Permendikbud No. 24 Tahun 2016 terdiri atas kompetensi inti– kompetensi inti dan kompetensi dasar-kompetensi dasar mata pelajaran sebagai berikut:.

    Bahasa Indonesia. Matematika. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan. Pendidikan Agama dan Budi Pekerti. Sejarah Indonesia.

    Bahasa Inggris. Seni Budaya. Prakarya dan Kewirausahaan Kompetensi Inti Kompetensi Dasar (KI KD) untuk mata pelajaran kelompok C yang merupakan ciri khas SMK pada permendikbud No. 24 Tahun 2016 belum tercantum. Karena itulah Rumusan Kompetensi Inti (KI) Kompetensi Dasar (KD) SMK Revisi 2017 di rilis revisi terbarunya. Kompetensi Inti 1 Sikap Spiritual, yaitu “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”.

    Kompetensi Inti 2 Sikap Sosial, yaitu “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Lahir dan dibesarkan di Yogyakarta Belajar Teknik Elektronika di STM Pembangunan Yogyakarta Belajar menjadi pendidik di IKIP Yogyakarta Dibakar semangat mentor Pak (Alm.) Mustaghfirin (Orientasi Mahasiswa Baru 1982) Pernah belajar di Universitas Gadjahmada Yogyakarta Pernah mengikuti Master Trainer Pedagogy Program 2012 kerjasama Kemdikbud dengan ITE Singapore ( semacam diklat guru kejuruan Standar ITE Singapore ) Mengikuti Diklat Instruktur Kurikulum 2013 s.d.

    Penyegaran 2018 Mengabdi untuk kemajuan dunia pendidikan Indonesia. Okay pak, terimakasih informasinya.

    Dan setelah saya baca-baca buku pelatihannya, saya bisa menyimpulkan sementara (kalau salah tolong di betulkan ya pak): yaitu menurut saya SILABUS tidak perlu kita buat lagi, karena di bagian LK.2 yaitu Analisis Materi itu sudah termasuk bagian dalam silabus itu sendiri, tinggal kita tambahkan alokasi waktunya saja deh di bagian Analisis Materi tersebut. Oh iya pak, saya mau tanya lagi: Apakah LK1, LK2, sampai LK.6 itu bisa kita sebut sebagai Program Semester (PROMES)? Atau bagaimana pak? Pak Tadonny SILABUS menurut saya bukan tidak perlu tetap diperlukan untuk melengkapi KTSP K2013 di sekolah pak Donny kalau direktorat belum memberi contoh silabus seperti tahun-tahun sebelumnya DAN kawan2 bapak belum bisa melakukan penyusunan silabus melalui analisis-analisis itu (belum dapat bimtek) maka bapak sebaiknya melatih mereka supaya bisa sama2 menyusun silabus untuk melengkapi KTSP K2013 sekolah bapak kalau waktunya belum ada dan harus segera dipakai pembelajaran maka bisa lebih dahulu langsung bikin RPP nya.

    Ya 4 macam analisis itu bisa digunakan untuk menganalisis konten silabus dan hasilnya di tulis dengan format penulisan silabus. Program semester lebih merujuk pada rencana garis besar untuk 1 (satu) semester dan pengaturan bagaimana supaya semua KD bisa terlaksana seoptimal mungkin trims pak Donny. Wa alaikum salam terima kasih bu Fitriani sudah sharing ya Panduan Penilaian SMK tahun 2015 masih digunakan. Situs download movie gratis. Panduan Penilaian SMK 2015 ini merupakan suplemen Permendikbud No.

    53 tentang Penilaian oleh pendidik dan satuan pendidikan dan yang utama sebetulnya adalah metode atau cara dan proses penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan hendaknya menggunakan instrumen yang sesuai. Namun ada sedikit perubahan tampak pada contoh pengolahan nilai. Baik bu Fitri nanti saya share di posting selanjutnya. Wa alaikum salam bu Supriyanti melihat formatnya. Kita dikasih ‘gelondongan’. Prinsipnya sesuai disribusi jam belajar di struktur kurikulum. Mungkin ada yg untuk 2 semester, 4 semester atau 6 semester.

    Alokasi waktu tiap KD disesuaikan agar semua KD mendapatkan alokasi waktu. Tingkat terendah dimulai dengan KD nomor urut 1 dst. Supaya seragam pada satu wilayah misalnya kab./kota dapat dilakukan bersama rekan MGMP. KD mana yg perlu waktu lebih banyak atau lebih sedikit kita lebih tahu kayaknya kira-kira begitu saran saya. Terima kasih kembali bu Indri Puspita mohon maaf saya tidak menguasai kompetensi akuntansi, jadi tidak begitu paham, tapi mengingat keterampilan akuntansi maka produk kreatif yang relefan mungkin seperti pengembangan aplikasi perusahaan yang memenuhi standar-standar di bidang akuntansi menggunakan aplikasi spreadsheet. Menurut ulun, aplikasi spreadsheet itu sangat banyak fungsinya (kan dipelajari khusus juga ya?) di program akuntansi nah produk kreatifnya bisa berupa Aplikasi Sistem Akuntansi Usaha misalnya yang memenuhi standar-standar akuntansi. Mungkin bisa seperti itu bu Indri maaf klo salah ya.

    Ya Bapak Endarta Adi,Saya masih calon guru dan saya lagi PKM( PRAKTEK KETERAMPILAN MENGAJAR) SELAMA 6 BULAN DI SMK N.jadi selama saya pkm,saya di beri tugas dari pamong saya untuk memuat RPP Dasar Perancangan Teknik Mesin,kalau bapak bersedia tolong bantu carikan RPP Dasar Perancangan Teknik Mesin,atau contohnya yang terbaru, maaf Bapak Endarta Adi punya kenalan guru yang ngajar di smk negeri teknik mesin(jurusan teknikpengelasan)? Kalau ada mohon bantu carikan ya Pak,saya sangat berharap bantuan pak Endarta Adi. Pak Panji menurut Permendikbud No.

    2014 tentang KTSP pada Pendidikan Dasar dan Menengah dinyatakan: Komponen KTSP meliputi 3 dokumen. Dokumen 1 yang disebut dengan Buku I KTSP berisi sekurang-kurangnya visi, misi, tujuan, muatan, pengaturan beban belajar, dan kalender pendidikan.

    Dokumen 2 yang disebut dengan Buku II KTSP berisi silabus dan, Dokumen 3 yang disebut dengan Buku III KTSP berisi rencana pelaksanaan pembelajaran yang disusun sesuai potensi, minat, bakat, dan kemampuan peserta didik di lingkungan belajar. Penyusunan Buku I KTSP menjadi tanggung jawab kepala sekolah/madrasah, sedangkan penyusunan Buku III KTSP menjadi tanggung jawab masing-masing tenaga pendidik. Buku II KTSP sudah disusun oleh Pemerintah yang terakhir ini dulu tahun ini sepertinya Silabus juga harus disusun oleh masing-masing sekolah begitu pak Panji. Selamat Siang P’ Endarta, Saya mau bertanya mengenai RPP dan Silabus Teknik Alata Berat, apakah ada contohnya?

    Pada BIMTEK K-13 Revisi 2017 pada buku panduanBIMTEK tsb pada penyusunan silabus format kolom-kolomnya cuma ada KD, IPK, Tujuan Pembelajaran, dan materi pembelajaran. Akan tetapi pada Silabus yang Bapak share tampilkan diatas kok ada kolom Penilaian, Alokasi Waktu, dan sumber belajar. Yang mana yang harus di-ikuti Pak? Selanjutnya, pada buku panduan BIMTEK juga terdapat Tabel.2 dimana Materi yang kita ajarkan harus “bersinggungan” dengan MULOK. Terus terang saya bingung Pak, karena Saya mengajar MAPEL Kelistrikan Alat Berat, sedangkan MULOK tempat saya adalah KERJA BANGKU “WORK BENCH”, dimana ada singungannya yha??? Atas pencerahannya Saya ucapkan Banyak terima kasih Salam Gupito BY.

    Wa alaikum salam wr wb Selamat malam pak Gupito terima kasih sudah berkunjung – Contoh RPP Teknik Alat Berat saya tidak punya contohnya – Saya tidak tahu yang mana yang bapak maksud buku panduanBIMTEK – Format yang saya upload saya kutip dari modul Pedoman Penyusunan KTSP 310317 dalam folder pHsl Pedoman Kur 13 SMK. Yang saya dapat dalam Bimtek Penyegaran Instruktur K. 2013 tingkat Nasional tahun 2017 bulan April 2017 yg lalu yang dilaksanakan di PPPPTK Penjas BK Parung Bogor. Coba di periksa. Dokumen ini yang saya gunakan sebagai rujukan. Sebagai Instruktur di propinsi file ini yang kami sebarkan sesuai panduan dari bimtek tersebut. – Materi kita kalau memang tidak ada bersinggungan dengan Mulok ya tidak harus dipaksakan, tetapi jika ada sebaiknya diintegrasikan juga.

    Demikian pak Gupito sharing dari saya mudahan bermanfaat. Assalamualaikum Wr.Wb Salam kenal Pak Endarta Adi. Saya Moch Aditya mahasiswa program studi pendidikan teknik bangunan Universitas Negeri Jakarta. Tulisan Pak Endarta Adi di atas sangat bermanfaat sebagai salah satu sumber belajar saya untuk memahami RPP 2013.

    Untuk bapak ketahui, bahwa di Ibukota Jakarta pun guru-guru SMK masih banyak belum memahami apa itu RPP 2013 dan pelaksanaannya. Semoga tulisan-tulisan yang bapak buat membuat saya, kami mahasiswa (calon guru) dan para guru termotivasi untuk terus belajar. Terima Kasih.

    Wa alaikum salam Wr. Salam kenal kembali mas Moch Aditya terima kasih banyak sudah mengunjungi blog sederhana ini. Apalagi sambil mengungkapkan/memberikan apresiasi demikian yang sejujurnya jauh dari dugaan saya. Saya sangat gembira ternyata tulisan-tulisan yang juga jauh dari kata baik tapi sudah memberi manfaat khususnya mas Aditya. Semoga saja ada rekan lain (mudahan banyak) yang terbantu dengan sedikit posting di atas.

    Jangan lupa sharing buat saya juga ya mungkin dari sudut pandang yang lain Selamat belajar semoga sukses Wassalam Wr.Wb. Pak Teguh Priyono saya bisa memahami situasinya namun saya juga melihat semangat pak Teguh untuk bisa ada beberapa pengetahuan yang diperlukan untuk bisa membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang operasional dan profesional untuk mengantarkan siswa mencapai Standar Kompetensi Lulusan yang diharapkan. Kita memulainya dengan melakukan Analisis SKL KI KD Coba sampian baca di posting saya Coba dianalisis sepasang KD mapel pak Teguh kalau sudah bisa berarti dasar-dasar pedagogis nya cukup kalau ada yang belum paham berarti dasar-dasar pedagogik kita perlu ditambah dulu bisa kita diskusikan atau dibaca di posting saya lainnya. Selamat malam pak Million saya coba ringkas sbb: 1.

    Silabus dan RPP adalah bagian dari KTSP K2013 (disebut Dokumen 2 dan Dokumen 3) dan menjadi tugas/hak/kewajiban setiap satuan pendidikan (SMK) untuk menyusunnya/mengembangkannya berdasar pada KI KD yang ditetapkan Dirjen Dikdasmen Ketajaman, kelengkapan dan akurasi konten / materi maupun kesesuaian dengan DUDI ditentukan oleh kemampuan Tim Pengembang Kurikulum yang diberi tugas menyusun dokumen 2 dan dokumen 3 ini. Karena itu seharusnya Tim Pengembang Kurikulum ini sudah menguasai teknik-teknik analisis dalam rangka pengembangan silabus dan RPP. Teknik-teknik analisis ini dilatihkan dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) Implementasi Kurikulum 2013 (secara singkat saya tulis dalam posting ini dan beberapa posting terkait lainnya). Saya tidak mempunyai catatan SMK atau Tim mana yang sudah melaksanakan penyusunan/pengembangan silabus dan RPP pada bidang ini. Silabus dan RPP tidak disarankan ‘hanya’ meniru yang pernah ada karena pendekatan belajar yang berbeda dengan sebelumnya. Di sini pentingnya kompetensi Tim Pengembang Kurikulum dan secara umum guru-guru yg mengampu mata pelajaran.

    Demikian pak Million semoga membantu. Maaf pak Bakri – Struktur kurikulum sudah tetap menggunakan Struktur Kurikulum 2013 Revisi thn 2017 SK Dirjen No. 130 tahun 2017 – KI KD juga sudah ditetapkan menggunakan KI KD SMK sesuai SK Dirjen no. 330 tahun 2017 – KTSP disusun oleh masing-masing sekolah mengacu – Silabus (bagian dari KTSP sbg Dokumen 2) disusun oleh sekolah / TPK dan guru pengampu (cara analisis dan tekniknya sudah dilatih dalam Bimtek Kur. 2013) – RPP (bagian dari KTSP sbg Dokumen 3) disusun oleh sekolah / TPK dan guru pengampu (cara analisis dan tekniknya sudah dilatih dalam Bimtek Kur. 2013) Demikian pak terima kasih sudah sharing dengan kami.

    Tahun

    Maaf mbak Dian mungkin maksudnya permasalahan menyusun silabus untuk pedoman pelaksanaan pembelajaran? Silabus tidak lagi disediakan oleh pemerintah, tetapi menjadi tugas guru di sekolah untuk menyusunnya guru yang sudah mengikuti bimtek implementasi kurikulum 2013 seharusnya sudah bisa menyusunnya didahului dengan analisis terhadap kompetensi dasar.

    Mungkin sudah bisa hanya belum selesai perlu waktu tambahan atau mungkin masih ada yang belum bisa melakukan analisis-analisis yang diperlukan.

    Silabus Kurikulum 2013 SMA Kelas X, XI, XII yang akan Bapak/Ibu download ini mudah-mudahan sesuai dengan harapan Bapak/Ibu Guru dalam menlengkapi perangkat administrasi Guru SMA secara lengkap. Jika dalam proses pendownlodan silabus sma kurikulum 2013 revisi 2016 pdf ini tidak sesuai atau terjadi masalah dalam proses download pada link dibawah silahkan untuk menuliskan saran kritik ya Pak/Bu.

    Silabus SMA kurikulum 2013 revisi 2016 ini dapat juga anda terapkan langsung hanya dengan mengganti datanya saja, tetapi lebih bagus lagi jika ini hanya sekedar dijadikan referensi untuk anda membuat Contoh RPP SMA Kurikulum 2013 sendiri. File ini kami sediakan untuk semua Pelajaran mulai dari silabus kurikulum 2013 revisi 2016 smk,silabus matematika smk kurikulum 2013 revisi 2016,silabus matematika sma kurikulum 2013 revisi 2016,silabus bahasa indonesia sma kurikulum 2013 revisi. Tidak hanya Silabus saja tetapi juga di blog ini saya menawarkan beberapa administrasi lainnya seperti RPP SMA Kurikulum 2013, Program Tahunan SMA Kurikulum 2013, Program Semester SMA Kurikulum 2013, KKM SMA Kurikulum 2013, KI/ KD Kurikulum 2013, Pemetaan KI/ KD Kurikulum 2013.Lihat Juga. SILABUS SMA KURIKULUM 2013 EDISI REVISI 2016 1. BAHASA INDONESIA KELAS X. B.

    Revisi kurikulum 2013 tahun 2016 2

    BAHASA INDONESIA KELAS XI. C. BAHASA INDONESIA KELAS XII. 2. BAHASA INGGRIS X. B. BAHASA INGGRIS KELAS XI.

    C. BAHASA INGGRIS KELAS XII. 3. BIOLOGI KELAS X. B. BIOLOGI KELAS XI. C.

    BIOLOGI KELAS XII. 4. EKONOMI KELAS X.

    B. EKONOMI KELAS XI. B. EKONOMI KELAS XII. 5. FISIKA KELAS X. B.

    FISIKA KELAS XI. C. FISIKA KELAS XII.

    6. GEOGRAFI KELAS X. B. GEOGRAFI KELAS XI.

    Revisi Kurikulum 2013 Tahun 2016

    C. GEOGRAFI KELAS XII.

    7. KIMIA KELAS X. B. KIMIA KELAS XI. C.

    Perubahan Kurikulum 2013 Tahun 2017

    KIMIA KELAS XII. 8. MATEMATIKA KELAS X. B.

    MATEMATIKA KELAS XI. C.

    MATEMATIKA KELAS XII. 9. PENJAS KELAS X. B. PENJAS KELAS XI.

    C. PENJAS KELAS XII.

    10. PKN KELAS X. B. PKN KELAS XI. C. PKN KELAS XII. 11.

    SEJARAH KELAS X. B. SEJARAH KELAS XI.

    C. SEJARAH KELAS XII. 12. SENI BUDAYA KELAS X. B.

    SENI BUDAYA KELAS XI. C. SENI BUDAYA KELAS XII. 13.

    SOSIOLOGI KELAS X. B. SOSIOLOGI KELAS XI. C.

    SOSIOLOGI KELAS XII. 13. TIKOM KELAS X. B. TIKOM KELAS XI.

    C. TIKOM KELAS XII.

    Revisi Kurikulum 2013 Tahun 2016